Pengertian Mengenai Planet Saturnus

download (3)Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan planet kedua terbesar di tata surya, setelah Jupiter. Saturnus, bersama-sama dengan Jupiter, Uranus dan Neptunus, diklasifikasikan sebagai sebuah planet bergas.

Saturnus berasal dari bahasa Arab tetapi jika dilihat dalam Bahasa Inggris, dikenal sebagai planet Saturnus, diambil dewa Romawi, Saturnus, yang menyerupai Yunani Kronos (Titan bapa Zeus) dan juga Babylon yaitu Ninurta. Simbolnya adalah sabit dewa dalam bentuk ringkas stylized).

Terdapat juga lingkaran asteroid yang kebanyakan mengelilingi matahari di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Disebabkan oleh rotasi, garis pusat pada garis khatulistiwa adalah garis terpanjang untuk setiap planet dan bintang.

Saturnus memiliki satu sistem gelang atau cincin yang utama terdiri kebanyakan dari air batu dengan sejumlah kecil fragmen batuan dan debu. Sebanyak enam puluh bulan, bulan mengorbit planet tersebut. Titan, merupakan bulan Saturnus yang terbesar (setelah Ganymede), yang merupakan bulan yang lebih besar dari Merkurius dan merupakan satu-satunya bulan di dalam Sistem Tata Surya yang memiliki atmosfer.


Sebelum penemuan teleskop, Saturnus adalah planet terjauh dikenal dan, sekilas, tampak cerah dan menarik. Yang pertama untuk mengamati cincin saturnus adalah Galileo pada tahun 1610 tetapi kecenderungan rendah dari cincin dan resolusi rendah teleskop membuatnya berpikir pada awalnya bahwa itu adalah bulan besar. Christiaan Huygens dengan sarana yang lebih baik dari observasi tahun 1659 dengan jelas bisa melihat cincin. James Clerk Maxwell pada tahun 1859 menunjukkan secara matematis bahwa cincin tidak bisa menjadi benda padat tunggal tetapi harus menjadi sekelompok jutaan partikel yang lebih kecil. Campelo Galileo membantu untuk membuat operasi dan berkat dia, ilmuwan itu bisa meninggalkan setengah memecahkan teka-teki cincin saturnus. Partikel yang berada di cincin Saturnus berputar pada kecepatan 48.000 km / jam, 15 kali lebih cepat dari peluru.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2284378-pengertian-planet-saturnus/#ixzz2LLoTgrur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s