Gerhana Bulan Matahari

bdnhn hjt
Dalam pergerakan itu, ada kalanya Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari sehingga menghalangi cahaya matahari ke Bumi sehingga terjadilah gerhana Matahari. Tapi di saat yang lain Bulan akan berada “di belakang Bumi” dan kini giliran Bumi yang berada di antara Bulan dan Matahari. Akibatnya, Bulan tidak menerima cahaya Matahari karena dihalangi Bumi sehingga terjadilah gerhana Bulan.

Gerhana Bulan biasanya terjadi ketika Bulan Purnama ketika Matahari – Bumi – Bulan berada pada posisi sejajar. Tapi, tidak setiap Bulan Purnama gerhana Bulan akan terjadi. Ini dikarenakan orbit Bulan yang memiliki kemiringan 5º terhadap orbit Bumi.

Ketika terjadi gerhana, Bulan akan memasuki bayangan Bumi yang kalau diamati memiliki dua komponen kerucut. Bayangan pada kerucut terluar adalah area bayangan penumbra dimana Bumi mengahalangi hanya sebagian cahaya Matahari untuk mencapai Bulan. Sedangkan kerucut yang ada di dalam kerucut penumbra atau yang disebut umbra merupakan area dimana BUmi menghalangi seluruh cahaya Matahari untuk mencapai Bulan.

Skema terjadinya Gerhana Bulan. Kredit: MrEclipse/ Fred Espenak

Gerhana Bulan terakhir di tahun 2012 pada tanggal 28 November nanti merupakan Gerhana Bulan Penumbra karena Bulan hanya melewati bayangan Penumbra Bumi.

Skema Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012. Kredit : NASA

Seri Saros 145
Gerhana Bulan Penumbra 28 november 2012 merupakan anggota ke 11 dari Seri Saros 145 atau rangkaian 71 gerhana yang terdiri dari 26 gerhana penumbra, 30 gerhana sebagian dan 15 gerhana total. Susunan gerhananya adalah sbb:

18 Penumbra
10 Partial / Sebagian
15 Total
20 Partial / Sebagian
8 Penumbra

atau disingkat dalam sebuah pola 18N 10P 15T 20P 8N ( N = penumbral ; P= Sebagian dan T = Total).

Seri Saros merupakan sebuah siklus terjadinya gerhana secara periodik yang berselang 18 tahun 11 hari 8 jam. Artinya kalau ada dua gerhana yang terpisah atau terjadi dalam selang waktu tersebut, kedua gerhana itu akan memiliki geometri gerhana yang sama.

Gerhana di seri saros 145 semuanya terjadi ketika Bulan berada di titik turun dan Bulan bergerak ke arah utara dalam setiap gerhana. Seri 145 dimulai dengan gerhana bulan penumbral di tepi selatan penumbra pada tanggal 11 Agustus 1832 dan akan diakhiri dengan gerhana bulan penumbra di dekat tepi utara penumbra pada tanggal 16 September 3094. Untuk seri Saros 145, durasi total berlangsungnya keseluruhan gerhana dalam seri ini adalah 1262,11 tahun

Tahapan Gerhana
Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 akan memiliki magnitudo 0,9155 dan akan dengan mudah dilihat dengan mata tanpa alat sebagai bayangan gelap di bagian utara Bulan. Dan tahapan terjadinya gerhana pada tanggal 28 November adalah sbb:

Waktu Indonesia Bagian Barat
Awal Gerhana : 19:14:58 wib
Puncak Gerhana : 21:33:00 wib
Akhir Gerhana : 23:51:02 wib

Waktu Indonesia Bagian Tengah
Awal Gerhana : 20:14:58 wita
Puncak Gerhana : 22:33:00 wita
Akhir Gerhana : 00:51:02 wita

Waktu Indonesia Bagian Timur
Awal Gerhana : 21:14:58 wit
Puncak Gerhana : 23:33:00 wit
Akhir Gerhana : 01:51:02 wit

Bulan bisa ditemukan dengan mudah di langit timur dan yang perlu diingat, dalam gerhana penumbra perubahan yang terjadi agak sulit dikenali. Perubahan itu berupa berkurangnya cahaya Bulan dan baru bisa dikenali perbedaannya setelah 2/3 piringan Bulan memasuki penumbra Bumi di kisaran jam 21.00 – 22.00 wib.

Bulan, Jupiter, Aldebaran, Capella, Canopus, Rasi Orion, Sirius yang bisa dinikamti kala Gerhana Bulan Penumbra 28 nov. 2012. Kredit : Stellarium

Untuk masyarakat di Indonesia, gerhana penumbra tanggal 28 november 2012 bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia. Meskipun dari sisi penampakan Gerhana Bulan penumbra 28 november nanti tidaklah begitu menarik, tapi jika langit cerah maka kamu bisa menikmati indahnya langit malam yang dihiasi oleh bintang-bintang terang. Ada Jupiter dan Aldebaran di rasi Taurus yang membentuk segitiga di langit. Selain itu ada juga bintang-bintang yang mudah dikenali seperti Capella di Auriga, rasi Orion, Sirius di Canis Major, Canopus di rasi Carina. Jelang dini hari, akan ada parade Venus, Saturnus dan Merkurius ditemani rasi Salib Selatan, rasi Centaurus dan Spica di rasi Virgo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s